Rabu, 28 Maret 2012

Menjaga Kesehatan Gigi Anak Itu Penting Loch !



Alangkah senangnya para hati orang tua manakala melihat gigi pertama si buah hati tumbuh, begitu lucu dan sangat menggemaskan. Namun tidak hanya sampai disitu saja, justru ini adalah awal bagi Anda para orang tua untuk memperhatikan pertumbuhan gigi anak agar tumbuh sehat.
 
Kesehatan anak sangatlah penting, termasuk kesehatan gigi dan mulut karna hal ini akan berdampak pada proses perkembangan anak di tahapan berikutnya seperti tahapan anak belajar bahasa dan berbicara, tahapan social seperti penampilan, serta fungsi untuk mengunyah dan mencerna makanan. Hal ini akan sangat  mengganggu Anak, oleh karnanya dituntut peran aktif dari orang tua untuk memperhatikan perkembangan kesehatan gigi anak dengan menjaga pertumbuhan gigi susu anak hingga gigi tetap.
 
Permasalahan gigi pada anak seperti gigi keropos, berlubang atau  gusi bengkak mungkin saja terjadi, hal ini menjadi sebuah tugas bagi orang tua. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam membantu anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, yakni :

  • Mengatur asupan makanan minuman yang dikonsumsi oleh anak, upayakan untuk menghindari dan membatasi makanan yang manis dan lengket karna mudah tertinggal pada gigi.
  • Rutin melakukan pemeriksaan gigi anak ke dokter gigi anak, sehingga anak merasa nyaman dan  terbiasa untuk menjaga kesehatan giginya dan tidak takut pergi ke dokter gigi.
  • Mengajarkan anak cara membersihkan mulut secara benar (dapat berupa penyikatan gigi, kumur-kumur, dan pembersihan gigi dengan kapas atau kain basah pada balita), lakukan hal ini secara  berulang-ulang sehingga tersimpan dalam memori anak.
  • Biasakan untuk membersihkan mulut setiap habis makan dan menjelang tidur, hal ini penting agar tidak ada makanan yang tersisa di dalam mulut anak.


Anak akan lebih memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi dan kebersihan mulut apabila lingkungan di sekitarnya melakukan hal yang sama. Untuk itu prilaku orang tua selaku lingkunga terdekat bagi anak, harus mencontohkan kebiasaan yang baik dan benar dalam menjaga kesehatan gigi sehingga anak terbiasa dalam pola hidup sehat hingga tahap perkembangan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar